Sekarang kita akan membahas beberapa tips berharga buat Anda untuk menjaga keamanan Anda dalam bertransaksi Online menggunakan Bank Online Paypal

Waspadai Penipuan Bermodus Phishing

Apa itu Phishing ?

Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi Username, User ID, Password, Nomor PIN, Nomor Rekening Bank atau Nomor Kartu Kredit Anda secara tidak sah yang bertujuan untuk melakukan Kejahatan atau Penipuan.

Bagaimana Phishing dilakukan ?

Tekhnik Phishing yang sering digunakan adalah Pengguna Paypal dikirimi email yang biasanya SPAM (Anda tidak pernah meminta email yang dikirimkan) yang berisi Link ke Website palsu yang sangat mirip dengan situs resminya Paypal. Email penipuan tersebut berisi informasi bahwa Anda atau ada orang lain yang pernah mengakses Akun Paypal menggunakan komputer yang berbeda sehingga menyebabkan terjadi kesalahan Password. Dan juga berisi informasi yang meminta Anda mengirimkan Data Akun Rekening Paypal Anda dengan alasan ada perbaikan atau upgrade sistem. Anda akan diminta Login dan mengubah Password. Jika Anda ikuti, Password Anda akan dicuri dan akhirnya mereka leluasa masuk ke Akun rekening Paypal dan mengambil saldo Anda atau menggunakan data akun paypal Anda untuk melakukan penipuan di Internet.

Berikut contoh email phishing :

Berhati-hatilah Jika Anda Menerima Email Seperti Gambar Di bawah.

Jangan Pernah Klik atau Membuka Link Phishing Seperti Gambar Di bawah :

paypal

Bagaimana Cara Mencegah atau Menghindari Phishing ?

Berikut Cara Mencegah atau Menghindari Phishing :

  • Pastikan setiap mengakses alamat website Paypal, ketikkan langsung alamat resminya pada bar search engine favorit Anda.

Ini alamat Resminya :

https://www.paypal.com

  • Jangan pernah Login ke Situs Paypal menggunakan Link atau Situs lain bahkan pada email yang ada nama paypalnya. Sebagian email phishing mengaku dari Pihak Paypal adalah email dari orang lain yang menipu User atau Pengguna untuk login ke website paypal palsunya. Pastikan mengetikkan langsung pada bar search engine alamat resmi paypal atau setelah alamat resmi paypalnya sudah terbuka, silahkan bookmarks alamat remi paypal tersebut jika Anda tidak ingin kerepotan lagi menulis alamat resmi paypalnya jika kedepan ingin mengaksesnya kembali.
  • Jangan ikuti jika ada yang meminta Anda untuk mendownload atau menginstall software mengatas namakan pihak Paypal karena mereka tidak pernah meminta atau melakukan hal tersebut.
  • Jangan pernah memberikan password Paypal Anda pada siapapun termasuk dari email atau telpon. Jika Anda merasa ada yang telah mengetahui Password Paypal Anda, segera hubungi Pihak Paypal untuk mengganti password sesuaiĀ  yang Anda inginkan.
  • Jangan buat password yang sama dengan password yang Anda buat di media lain seperti Akun sosial media dan lain-lain karena ada sebagian pihak yang mempunyai alat yang bisa melihat password.
  • Jika Anda berminat jadilah Verified Member. Informasi lengkapnya Anda bisa langsung menghubungi Pihak Paypalnya.
  • Sebelum bertransaksi online menggunakan Paypal, pastikan website tempat Anda ingin melakukan transaksi apapun bukan penipuan dengan menghubungi mereka. Jangan pernah bertransaksi dengan website yang pemiliknya sulit dihubungi. Lakukan investigasi di internet atau media forum mengenai reputasi tempat Anda ingin bertransaksi apakah terpercaya ataukah penipuan (Scam). lebih baik bertransaksi di website yang sudah dilengkapi dengan situs verifikasi keamanan seperti Verisign dll atau website yang sudah dilengkapi SSL Secured yang biasanya menggunakan gambar gembok pada website tersebut yang berarti website tersebut dilengkapi dengan sistem keamanannya yang berlapis. Untuk mudah memahami Anda bisa lihat pada alamat website tersebut yang menggunakan alamat “https”.

Demikian Tips -Tips berharga untuk menjaga keamanan Anda dalam bertransaksi online menggunakan Paypal yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Semoga Bermanfaat

Sumber : Jasa VCC